Jumat, 24 Januari 2014

Sinopsis Anime Gundam Build Fighter




       Bila seri anime gundam lain menceritakan tentang kekuatan mobile suite gundam dalam pertempuran asli, Gundam Build fighter tidak menceritakan hal itu, melainkan menceritakan tentang pertempuran Gunpla yaitu semacam miniatur gundam dari plastik yang dapat bertarung di arena. Gunpla dapat bergerak karena adanya partikel plavsky. Ruang kokpit dan cara pilot mengendalikan gunpla dibuat semirip mungkin dengan pertarungan gundam asli.


                  Iori Sei, adalah anak dari juara kedua ajang kejuaraan tingkat dunia, Iori Takeshi. Walau dia adalah perakit gunpla yang sangat luar biasa, tapi dia memiliki kekurangan dalam mengendalikan gunpla buatannya. Pada pagi hari, Toko Iori hobby shop atau dengan kata lain tempat tinggal Sei di kunjungi oleh seorang pelanggan yang membawa anaknya. Pelanggan itu sangat kagum dengan model-model buatan Sei dan mengira bahwa Sei adalah pengendali gunpla yang hebat. Sei hanya diam dan menjawab dengan suara lirih. Anak pelanggan itu sepertinya tertarik dengan salah satu gunpla rakitan Sei. Sei lalu menjelaskan tentang nama gunpla dan semua yang ia ketahui tentang gunpla itu. Karena penjelasan Sei yang ribet pelanggan itu mulai pusing dan menepuk punggung Sei. Sei pun malu. Si pelanggan itu menanyakan pada anaknya apakah ia mau membeli gunpla itu. Saat itu pula, teman Sei, Sazaki datang dan mengatakan secara blak-blakan bahwa kemampuan Sei dalam mengendalikan gunpla sangat buruk. Sazaki juga menantang Sei untuk bermain di arena. Sei tidak punya pilihan karena ada pelanggan. Pertarungan bertarung berat sebelah, kemampuan Sei benar-benar di bawah Sazaki, dan akhirnya Sazakilah yang menang. Pelanggan itu pun akhirnya membeli model yang digunakan Sazaki.

                    Setelah sang pelanggan itu pergi, Sazaki terus membujuk Sei agar menjadikannya pilot model gunpla terbaru milik Sei. Tapi Sei menolaknya, karena gaya bertarung Sazaki yang amat kasar. Saat ibu Sei pulang, Sei pun pamit untuk pergi ke suatu tempat. Di jalan, Sei terus memikirkan caranya untuk menjadi juara seperti ayahnya. Saat sampai di taman, Sei bertemu anak seumurannya yang sedang asyik makan roti. Anak itu bertanya tentang apa itu gunpla. Sei awalnya terkejut, lalu dia pun menjelaskan pada anak itu. Saat anak itu pergi, tiba-tiba dia dihampiri oleh seorang bapak-bapak. Bapak itu marah karena rotinya telah di curi oleh anak itu. Sei amat kaget. Anak itu dengan santai mengatakan kalau dia hanya melihat roti yang dipajang, lalu mengambilnya satu. Sei yang merasa kasihan akhirnya menolong anak itu. Anak itu seperti tidak tahu apa-apa. Ia bahkan belum pernah merasakan soda yang diberikan Sei. Karena merasa berhutang budi pada Sei, Anak itu memberinya sebuah batu permata. Katanya, jika Sei membuat keinginan maka dia akan datang apapun yang terjadi. Namanya adalah Reiji. Sei yang bingung apa yang dikatakan Reiji akhirnya menyimpan batu itu.

                     Keesokan harinya, akhirnya Sei berhasil menyelesaikan Gunpla rakitannya, Build Strike. Ia menunjukkannya pada ibunya, ibunya sangat kagum akan kerja keras anaknya itu. Sazaki tiba-tiba datang dan dengan pedenya mengklaim gunpla buatan Sei adalah yang akan ia pakai untuk kejuaraan dunia. Sei yang tidak terma menantang Sazaki untuk bertarung, bila Sei kalah, Sazaki boleh memiliki gunpla itu. Pak Ral, salah satu pengunjung setia tiba-tiba muncul dan berkata ingin menjadi jurinya. Gunpla battle yang menentukan basib Build Strike pun di mulai. Serangan Sazaki yang amat kasar berulang kali mengenai Build Strike Sei dan akhirnya membuat gunpla Sei terpojok. Sei benar-benar tidak ingin kalah, tanpa ia sadari dia telah membuat suatu keinginan. Ada tangan yang mendorong tangan Sei dan membuat gunplanya melesat cepat menabrak gunpla Sazaki. Itu tangan Reiji, mendorong tangan Sei sekuat tenaga. Sei bingung kenapa Reiji bisa ada di situ. Reiji berkata bahwa Sei telah membuat permintaaan dan dia akhirnya datang. Reiji juga mengatakan bhawa dia akan bertarung untuk Sei. Sazaki yang tak terima calon gunplanya digunakan orang lain pun menyerang habis-habisan. Reiji mulai bisa beradaptasi dengan cara pengendalian gunpla, dia bahkan terlihat seperti seorang pro saat mengendalikan gunpla Sei. Sei pun menyadari, bahwa dia telah menemukan orang yang tepat untuk gunplanya.

Type: TV
Episodes: 25
Status: Finished Airing
Aired: Oct 7, 2013 to Mar 31, 2014
Producers: Sunrise, TV Tokyo, Sotsu Agency
Genres: Mecha
Duration: 25 min. per episode

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit